SBY pastikan Indonesia siap masuki AEC 2015

cuma kurang dari dua setengah tahun lagi, namun presiden susilo yudhoyono hendak memastikan kesiapan indonesia guna menyongsong komunitas ekonomi asean (asean economic community/aec) pada 2015 nanti.

jangan sampai mengeluh tidak siap, tak siap. berhenti agar mengatakan tidak siap apalagi mengeluh, 'lets do something together, ujarnya terhadap pers nasional, dalam pernyataan setengah berbahasa inggris, selama bandar seri begawan, brunei darussalam, jumat.

menuju aec 2015 dibutuhkan sederat persyaratan keterpaduan juga konektivitas di berbagai aspek selama diantara negara anggota asean, mulai dari tataran hukum, birokrasi dan perundangan, infrastruktur fisik, juga kesamaan persepsi dan kultur tatakelola.

indonesia cuma terbatas mengeluarkan apbn-nya supaya pemeliharaan juga pengadaan infrastruktur. dibanding untuk infrastruktur, lebih ada anggaran apbn untuk subsidi bbm yang dipacu penyedia mobil pribadi berbasis ketidakberesan sistem transportasi massal.

Informasi Lainnya:

untuk itu, berdasarkan yudhoyono, langsung membentuk komite meyakinkan kesiapan indonesia menyongsong komunitas ekonomi asean 2015. dirinya telah menugasi menteri koordinator perekonomian, hatta rajasa, agar membentuk komite itu.

komite tersebut ingin diisi dari semua kalangan, mulai daripada pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengusaha, serikat pekerja, dan para ahli. mereka akan mengindentifikasi sektor-sektor industri pada menyongsong komunitas ekonomi asean. diharapkan selama 2,5 tahun mampu diperbaiki hal-hal yang dinilai kurang.

dia menyakini, komunitas ekonomi asean bisa memperbaiki perekonomian kawasan. integrasi ekonomi itu dan memperbaiki mobilitas modal, manusia serta barang serta jasa selama kawasan. indonesia harus bisa memetik keuntungan yang lebih menarik daripada integrasi ekonomi tersebut.

indonesia tak boleh adalah the looser, kita mesti adalah the winner, katanya kepada insan pers indonesia, sebagian selama bahasa inggris lagi.