BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menyampaikan bahwa ratusan rumah dalam kabupaten wonosobo serta kabupaten demak selama provinsi jawa sedang rusak sesudah diterjang angin puting beliung.

puting beliung dan kemudian didampingi hujan deras menerjang wilayah selama kabupaten wonosobo juga kabupaten demak, provinsi jawa sedang pada selasa (9/4). laporan ternyata menyebutkan ratusan properti mengalami kerusakan, kata kepala pusat data info dan humas bnpb sutopo purwo nugroho selama jakarta, selasa.

dia mengajarkan, di kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan serta desa banyumudal dan terletak pada kecamatan sapuran selama selasa, pukul 13.30 wib.

data ternyata mencatat kurang lebih 300 rumah selama keadaan rusak sedang sampai rusak berat, ujarnya.

sejauh ini, tutur dia, upaya penanganan baru terkendala dengan listrik dan padam juga kondisi pada lapangan dan terletak dalam daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menunjukan kiranya Satu desa terisolir akibat jalan menuju lokasi desa tersebut cukup berat.

selain tersebut, menurut dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) pada kabupaten wonosobo serta menyulitkan koordinasi antara pemerintah daerah setempat, tim sar, serta relawan di penanganan bencana.

namun, pendataan terhadap kerusakan juga kerugian sampai saat ini baru terus dilaksanakan, tutur sutopo.

sementara itu, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung dan terjadi di kabupaten demak menerjang desa pilangrejo pada kecamatan wonosalam selama pukul 15.20 wib.

sekitar 20 rumah mengalami kerusakan. bpbd demak masih selalu mengerjakan pendataan kerusakan juga kerugian, katanya.

sutopo juga menyatakan bencana lain yang terjadi pada jawa sedang dalam selasa (9/4), yakni pada kabupaten kendal di jam 13.00 wib.

bencana selama kendal tersebut tanah longsor dalam pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik itu selama desa campurjo, kecamatan boja, kendal hingga menimpa karyawan. resikonya dua orang meninggal dunia juga enam orang luka-luka, katanya.

semua korban itu, papar sutopo, sudah dievakuasi ke rumah sakit permata medika pada ngaliyan, semarang.