Presiden Moursi akan rombak Kabinet Mesir

presiden mesir mohamed moursi, sabtu, mengatakan ia mau langsung mengumumkan Satu perombakan kabinet, akan tetapi tak hendak memenuhi tuntutan-tuntutan oposisi kepada Salah satu perombakan menyeluruh pemerintah.

moursi, yang mendapat tekanan kuat oposisi agar memecat perdana menteri hisham qandil, mengemukakan terhadap stasiun televisi al-jazeera, mau ada pergantian menteri langsung serta tersebut ingin menggandeng pilihan kementerian.

tetapi presiden itu membantah ia mengerjakan tindakan itu atas tekanan.

tujuan perombakan kabinet itu adalah untuk mencapai kesejahteraan umum, di perubahan-perubahan dan kami akan lakukan, katanya kepada stasiun televisi yang bermarkas selama qatar itu.

Informasi Lainnya:

seorang staf senior kepresidenan menyatakan moursi mungkin akan mengumumkan perombakan kabinet itu di akhir pekan, yang dalam mesir jatuh selama hari kamis.

ada enam sampai delapan menteri, serta pergantian-petgantian luas para gubernur provinsi, ujarnya.

menteri-menteri yang hendak digantikan termasuk beberapa menteri berguna, tambahnya . aku tak mampu menyebut nama-nama mereka, seperti yang anda ketahui, ini adalah Satu masalah peka.

moursi berulang-ulang mengumumkan kepercayaannya kepada qandil, dan pemecatannya dituntut oleh Satu koalisi oposisi yang menuduh dia tak becus mengurus ekonomi mesir --yang mengalami krisis.

oposisi menetapkan pemecatan qandil dibuat Satu syarat supaya mengakhiri boikot pemilihan parlemen, yang mungkin diselenggarakan musim gugur.

kami ingin menyerahkan komentar bagaimana kalau kami menyaksikan banyak perubahan, amat banyak variabel, kata ahmed kamel, juru bicara oposisi partai kongres --yang dipimpin mantan ketua liga arab amr mussa.

tetapi kami telah secara tegas mengatakan bahwa visi kami adalah kiranya dan dibutuhkan mesir adalah Salah satu pemerintah persatuan nasional dan dapat memulihkan kepercayaan, tambahnya. juga kementerian-kementerian yang berkaitan dengan pemilihan parlemen mesti tidak berpihak.

konflik berlarut-larut diantara oposisi melalui moursi menyebabkan tetundanya pinjaman 4,8 miliar dolar as dari dana moneter internasional (imf).

pemerintah qandil, yang diangkat sesudah moursi terpilih juni, sudah berusaha menanggulangi ekonomi dan lesu darah kendatipun santunan miliaran dolar as dari qatar dan kaya energi serta beberapa negara lain.

pemerintah menyampaikan pengangguran, Satu keluhan utama di kalangan pemrotes muda dan membantu menggulingkan presiden hosni mubarak awal tahun 2011,meningkat dari pemberontakan itu, sementara investasi-investasi asing juga penghasilan daripada turisme turun, demikian afp.