Korea Utara normal-normal saja, kata turis

keadaan di lapangan di korea utara normal dan tenang, kendati ketegangan memuncak pada semenanjung korea serta banyak peringatan pyongyong terhadap kedubes-kedubes asing agar hengkang dari utara.

kesaksian ini disampaikan kaum turis dan pemandu wisata ke negeri itu, tulis kantor berita afp, sabtu.

beberaja merek lalu utara menganggarkan peringatan kiranya mereka tak mampu menjamin keamanan kedubes-kedubes asing manakala perang pecah.

namun para turis tetap mengunjungi ada besar wilayah negeri terisolir itu, ternyata beberapa grup turis balik dulu ke beijing sabtu ini.

Informasi Lainnya:

kami senang bisa terserah tapi kami tak merasakan kengerian sewaktu berada selama sana, tutur tina krabbe, dari denmark, yang tinggal selama korea utara dalam lima hari. tak terasa ada ketegangan dalam kota. kami sungguh baik-baik saja.

seorang turis hongkong berusia 15 tahun dan tur mempelajari ke korea utara menambahkan, ibuku menyangka perang atau sebangsa tersebut sedang berkecamuk.

namun yang kami pilih segalanya damai. sama alternatif tidak banyak konflik...tidak ada kekacauan.

para turis ini mengaku mereka dapat menonton siaran berita daripada bbc dalam hotel-hotel dan diperuntukan kepada orang asing.

sepasang pria serta wanit beraksen amerika, dengan hanya membawa tas tidak cenderamata, menolak diwawancarai juga mengatakan mereka dilarang berbicara kepada media.

nicholas bonner, pendiri koryo tours, dan mengorganisasi perjalanan ke korea utara dari 20 tahun 2012 dan baru saja mengunjungi negeri itu pekan 2012, mengatakan kehidupan pada sini berjalan normal seperti biasa.

kepada afp dia menungkapkan orang-orang korea utara tetap beraktivitas seperti biasa, pariwisata serta selalu berlangsung, sementara penduduknya amat ramah. seluruh pihak hanya berharap ketegangan ini berakhir.

turis barat ke korea utara tetap sedikit jumlahnya. keterasingan korea utara sangat baik supaya dikunjungi turis-turis ini.

pemanda wisata koryo tours amanda carr, beranjak ke negeri ini pilihan sebulan, juga masih saja kembali sabtu ini daripada dua hari berlibur. dia menungkapkan ketika ini tak jauh berbeda dari sebelumnya.

hari libur 2012 orang-orang menglakukan hal dan publik mereka kerjakan sewaktu libur, melewatkan waktu bersama keluarga, berbagai orang mengerjakan kehidupan rutinnya biasanya jalan-jalan, tutur dia.

namun turis-turis tidak bisa menggunakan ponsel 3g agar mengakses internet, itulah afp.

kepada amanda carr, para pemandu lokal berkata dalam dia kiranya pihak korea utara sama seklai tak cemas serta tidak khawatir, mereka yakin negaranya kuat dan pemimpinnya cukup kuat supaya menuntun mereka ke jalan yang seorang.