Presiden Nigeria kecam AS

presiden nigeria goodluck jonathan menganggarkan reaksi keras terhadap tuduhan as tentang korupsi besar dalam negara afrika barat itu, dan mencapnya dijadikan salah tempat dan berlebihan.

presiden nigeria tersebut menganggarkan reaksi itu dalam upacara penandatanganan transaksi pembaruan kekuasaan presiden yang digelar pada vila presiden selama ibu kota nigeria, abuja, senin.

satu laporan baru-baru ini yang diutarakan terhadap kongres as oleh menteri luar negeri amerika serikat john kerry menuduh korupsi sulit dalam seluruh tingkat di di pemerintah nigeria.

presiden jonathan menungkapkan, bertolak belakang dengan laporan semacam tersebut, pemerintahnya telah mengendalikan korupsi juga berusaha keras supaya memerangi ancaman itu.

Informasi Lainnya:

biar lah saya selalu meyakinkan rakyat nigeria kiranya ya banyak masalah korupsi selama negeri ini, namun bagaimana pun itu sudah dibesar-besarkan, rakyat mesti menyaksikan apa kami telah melaksanakan tugas pemerintahan, papar jonathan sebagaimana dilaporkan xinhua.

jika kalian melihat sektor pupuk, kalian hendak sependapat melalui aku kiranya manakala pelaku pemerintah tertarik, kami hendak mempunyai kisah yang sama perihal pemesanan semua bidang barang, pemberian seluruh bidang kontrak atas nama pupuk. tapi, kami tak menggarap itu, kami sudah membersihkan sektor itu, kata presiden nigeria itu.

lihatlah sektor energi listrik, saat kami merintisnya, ada berita di surat kabar namun pada akhirnya, malahan saat saya beranjak ke as, perusahaan daripada situ dan ikut menyatakan secara terbuka proses transparan dan tak ada masalah korupsi, ia menambahkan.

presiden itu mengatakan ia gembira melalui komentar daripada sektor swasta bahwa proses penswastaan sektor listrik transparan juga terhindar dari korupsi.

ia tinggal menyatakan komitmen pemerintah supaya bersikap transparan juga mengulangi komitmen untuk menggandeng ada bagian pada transaksi inti pada sektor listrik.

presiden nigeria itu menyatakan upacara itu menandai cara besar di pelaksanaan peta jalan sektor listrik.

ia kembali memberi jaminan tentang komitmen pemerintah untuk mengakhiri pasokan listrik dan tidak layak dalam negara paling padat warga di afrika itu.