Ratusan TKI Jatim di Malaysia dipulangkan

ratusan tenaga kerja indonesia selama malaysia dan dipulangkan secara paksa dengan terminal feri pasir gudang, johor bahru, menuju tanjung pinang, kepulauan riau, tiba pada pilihan daerah di jawa timur, semisal kabupaten blitar, kamis (2/5).

manto (48) salah betul tki yang baru sampai dalam rumahnya selama desa wonorejo, kecamatan talun, kabupaten blitar, jumat menungkapkan, kurang lebih 300 tki diberangkatkan daripada johor bahru sabtu (27/4), setelah sempat dinikmati oleh kepala badan nasional penempatan dan penanggulangan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) jumhur hidayat.

saya telah 23 tahun bekerja serta berumahtangga di malaysia, masih kali ini ditangkap aparat setempat melalui alasan surat izin kerja tak tersedia. sesudah sempat ditahan bersama ratusan pihak yang lain, lalu memenuhi pemulangan paksa ini, ujarnya.

manto yang tiba bersama wawan (35), tki asal ponggok, blitar, menceritakan kiranya perjalanan kapal daripada johor bahru ke tanjung pinang memerlukan waktu lebih dari semalam.

Informasi Lainnya:

di tanjung pinang, ratusan tki itu beralih menumpang km sirimau dan tiba dalam pelabuhan tanjung priok, jakarta, senin (29/4) siang. kaum tki lalu diangkut membeli pilihan unit damri menuju pool bus tersebut di kemayoran, jakarta.

perjalanan sebelumnya cukup enak, makan serta terpeleihara, akan tetapi begitu menumpang damri, kami mulai merasakan pelayanan dan kurang menyenangkan. kami telantar setengah hari selama pool damri, dengan alasan belum banyak pembayaran bus. baru malam harinya dan objek wisata surabaya diberangkatkan mencari empat unit damri, katanya.

menurut manto, sepanjang perjalanan sampai hingga selama kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi dan kependudukan provinsi jawa timur dalam surabaya, rabu (1/5) sore, banyak tki yang berkurang dan dengan awak bus dipungut rp50.000. namun sebagian tki menolaknya, bahkan banyak yang menyewa terserah dengan paksa uang pungutan tersebut.

demikian pula selama kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi serta kependudukan provinsi jawa timur, para tki sesudah diberikan makan dan biaya tiap-tiap rp40.000, sempat banyak oknum yang melakukan pungutan, tapi ditolaknya.

saya bersama ratusan tki itu lalu diantar mencari bus ke terminal bungurasih supaya mencari bus pas tujuan masing-masing, seperti ke madura, lombok, nusa tenggara barat dan ntt. kecuali objek wisata kangean kepulangannya ditunda esok paginya, agar dapat menumpang kapal, ujarnya.

manto menambahkan, masih terkandung ratusan tki dalam website penampungan pada johor bahru dan menanti giliran pemulangan paksa lebih lanjut.