Dideteksi getaran mirip jantung di reruntuhan PT Freeport

pt freeport indonesia membeli peralatan pendeteksi getaran dan disebut lifepak 3 agar hapal apakah baru banyak korban dan hidup selama area reruntuhan fasilitas tempat pelatihan tambang bawah tanah big gossan.

general manajer tambang pt freeport yang dan mengepalai tim penyelamat, nurhadi sabirin, dalam timika, sabtu, menungkapkan,lifepak 3 telah mendeteksi getaran-getaran yang seirama melalui detak jantung manusia.

walau begitu, kata dia, belum dapat dipastikan sebab banyak kemungkinan disebabkan getaran-getaran yang lain.
kami belum mampu mendeteksi tanda-tanda berpotensi lain selama 72 produk 2012, tutur sabirin.

menurut dia, tim penyelamat selalu berusaha 24 merek tidak henti secara bersegeralah mengupayakan penyelamatan kurang lebih 23 pekerja dan diduga baru tertimbun dalam reruntuhan fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan sejak selasa (14/5).

Informasi Lainnya:

mereka berlaga dengan waktu, kian berlalu waktu dihabiskan dengan demikian kian kecil kemungkinan korban-korban tersebut dapat selamat. secara teoritis, manusia bisa bertahan hidup tidak makan sama sekali sekitar tujuh-delapan hari, tapi tanpa minum setetespun dengan demikian cuma tiga hari saja.

sabirin menambahkan, pihaknya sudah mengerahkan para ahli dan perlengkapan paling pas untuk mampu melaksanakan upaya penyelamatan kaum pekerja dan masih tertimbun.

sejauh ini, lima korban tewas sudah mampu dievakuasi dari di terowongan bawah tanah itu; 10 korban selamat ketika dievakuasi, dan seorang sebelumnya bisa meloloskan diri pilihan ketika sesudah kecelakaan terjadi.

lokasi runtuhan tersebut adalah ruang kelas pelatihan dalam bawah tanah, pada big gossan, salah Satu blok pertambangan pt freeport indonesia selama sini.

kecelakaan berpangkal di keruntuhan secara mendadak atap ruang kelas tersebut, selasa lalu (14/5). hingga kinipun dilaporkan runtuhan-runtuhan unsur-unsur baru berjatuhan makanya menghambat tim penyelamat bekerja.

presiden direktur pt freeport indonesia, rozik b soetjipto, menegaskan, hendak menginvestigasi menyeluruh mengungkap penyebab tragedi itu. kami akan menyiapkan santunan tenaga ahli internasional dan kementerian energi dan sumber daya mineral untuk mengerjakan investigasi, kata soetjipto.

ia menambahkan, pt freeport ingin mengambil semua langkah dan memungkinkan untuk meyakinkan kasus serupa tak terulang terserah.