Maskapai penerbangan diminta waspadai awan cumulonimbus

badan meteorologi, klimatologi juga geofisika pangkalpinang membayar maskapai penerbangan mewaspadai pertumbuhan awan cumulonimbus. awan ini berpotensi badai hingga merupakan sarang petir serta halilintar, dan es.

waspadai cumulonimbus berskala setempat yang mengandung listrik tegangan ekstrim tinggi dan manakala pesawat tetap menembus awan ini bisa mengakibatkan goncangan mesin dan mengganggu sistem komunikasi, tutur petugas kantor bmkg pangkalpinang, akhmad fadholi, selama pangkalpinang, sabtu.

pengamatan kantor bmkg setempat, mei 2013 puncak musim hujan dipicu kepesatan pertumbuhan awan cumulonimbus yang membawa angin kencang juga petir, sehingga para pilot pesawat agar mewaspadai awan ini agar mencegah kasus penerbangan.

secara umum, katanya, kondisi cuaca selama provinsi tersebut belum mempengaruhi aktivitas penerbangan namun mesti diwaspadai awan rendah dan beresiko menghalangi penglihatan.

Informasi Lainnya:

awan rendah mampu menghalangi jarak pandang serta penglihatan makanya menyulitkan pilot supaya mendarat, ini membahayakan terhadap keselamatan penumpang, katanya.

ada pilihan resiko daripada pertumbuhan awan cumulonimbus ini, selama antaranya potensi udara vakum dan mampu membeli pesawat terbang kehilangan ketinggian serta turbulensi ke semua arah dan merugikan struktur pesawat terbang tersebut.

cumulonimbus biasa terkandung dalam lingkar tropis, tumbuh dalam sekejap mata akibat dinamika cuaca serta iklim setempat. dia dapat tumbuh menyerap sinar matahari makanya gelap total pada ketinggian 3.000 meter daripada permukaan laut hingga puluhan ribu meter daripada permukaan laut di luasan dan luar biasa.